Berita

Agenda

Kontak

Logo

BALAI BESAR VETERINER WATES

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

6
Logo
Peringatan Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan di Boyolali

Peringatan Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan di Boyolali

Seratus Delapan Puluh Dua (182) tahun sudah perjalanan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan di tanah air. Dalam catatan sejarah di bidang peternakan dan kesehatan hewan pada tanggal 26 Agustus 1836, Pemerintah Hindia Belanda untuk pertama kalinya menerbitkan sebuah ketetapan melalui plakat tentang larangan pemotongan sapi betina produktif. Momentum tersebut dijadikan pertimbangan para sesepuh, para pakar, organisasi profesi, asosiasi dan perusahaan di bidang peternakan dan kesehatan hewan untuk menyepakati dan menetapkan tanggal 26 Agustus sampai dengan 26 September sebagai Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan. Tanggal tersebut dipilih karena merupakan tanggal ditetapkannya Ordonansi Pelarangan Ternak Bertanduk Betina Produktif sapi (betina produktif) yang menandai campur tangan pemerintah dalam urusan kehewanan dalam bentuk plakat yang disebarkan kepada masyarakat oleh pemerintah Hindia Belanda. Ini jadi pembelajaran kita, bahwa pelarangan pemotongan sapi betina produktif sudah dilakukan sejak pemerintahan Belanda.

Peringatan Bulan Bakti Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun 2023 dilaksanakan pada Jumat 22 September tahun 2023,  dipusatkan di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali Jawa Tengah dengan berbagai kegiatan yang menyertakan berbagai elemen peternakan dan Kesehatan hewan seperti pameran dan unjuk ternak hasil inseminasi, aneka produk dan alat pendukung penyediaan pembuatan pakan ternak, aneka pameran dari penyedia peralatan hulu hilir proses peternakan dan banyak lagi.

Balai Besar Veteriner Wates Bersama dengan 8 (delapan) Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Pengujian Penyakit Hewan Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan aktif berperan dalam kegiatan ini dengan memberikan informasi terkait kegiatan dan fungsi BBVet /BVet serta Loka dalam berkontribusi terkait pengendalian penyakit hewan di Indonesia.

 

Acara yang dihadiri seluruh perwakilan UPT dari penjuru Indonesia tersebut juga dihadiri Menteri Pertanian Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H.yang memberikan pengarahan kepada seluruh pimpinan unit, dan melakukan peninjauan di lokasi stand pameran produk serta pameran ternak hasil inseminasi.

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset