Berita

Agenda

Kontak

Logo

BALAI BESAR VETERINER WATES

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

6
Logo
NOBAR -1 : Menulis Ilmiah itu Mudah

NOBAR -1 : Menulis Ilmiah itu Mudah

Balai Besar Veteriner Wates menyelenggarakan Ngobrol Bareng Pakar (NOBAR) chapter pertama dengan tema “Tips Menulis Artikel Ilmiah dan Populer Peternakan dan Kesehatan Hewan”.  Acara diikuti 270-an peserta secara online pada hari Jum’at, 16 Februari 2024. Hadir sebagai narasumber, drh. Hendra Wibawa, M. Si, Ph. D selaku Kepala BBVet Wates, drh. Syafrison Idris, M.Si sebagai reviewer Warta Keswan PKH dan drh. Sylvia Maharani A, M. Si sebagai Koordinator Warta Keswan.

drh. Hendra Wibawa, M. Si, Ph. D menyampaikan bahwa menulis merupakan kewajiban. “ Pertanggung - jawaban kinerja atas pengamatan dan penyidikan yang kita lakukan hendaknya tidak berhenti pada penulisan laporan, namun juga ditulis dan dipublikasikan dalam jurnal maupun media populer agar dibaca oleh pengambil kebijakan dan diketahui oleh masyarakat. Hal ini merupakan bentuk komunikasi, edukasi dan diseminasi informasi serta pertanggungjawaban kinerja badan publik” jelas Hendra. Sebagai upaya diseminasi informasi dan peningkatan kapasitas SDM, Nobar akan akan diselenggarakan setiap bulan sebanyak 11 chapter di tahun 2024.

Pemateri drh. Syafrison Idris, M.Si, memaparkan materi tentang Penulisan Artikel Ilmiah Populer. Tulisan ilmiah populer disusun dengan gaya bahasa popular yang mudah dipahami dan dipublikasikan di media massa agar bisa dibaca oleh pembaca secara lebih luas. Sebelum menulis tentukan terlebih dahulu angle atau fokus penulisan, membuat outline, mengumpulkan bahan dan mulai menulis. Berbagai tips disampaikan  drh. Syafrison untuk mempermudah penulisan, diantaranya banyak membaca dan berdiskusi untuk memperkaya waawasan penulisan, serta yang paling penting mulai menulis.

Tips Mengemas Tulisan Ilmiah Populer yang Menarik disampaikan oleh drh. Sylvia Maharani A, M. Si. “Penting dalam menyusun Tulisan Ilmiah untuk membuat judul yang bombastis atau menarik, intro tulisan yang singkat dan menimbulkan minat pembaca, isi tulisan yang jelas dan mudah difahami dan ditutup dengan kalimat kesimpulan yang bersifat penegasan atau persuasive” jelas drh. Sylvia. Dia juga mengajak kepada seluruh peserta untuk berpastisipasi aktif mengirim tulisan di Warta Keswan.    “ Warta Keswan sebagai majalah yang diterbitkan Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan yang memuat tulisan ilmiah populer dan sudah ber-ISSN. Dipersilahakan kepada seluruh peserta maupun insan peternakan dan kesehatan hewan untuk  menyampaikan pendapat, komentar atau artikel seputar peternakan dan kesehatan hewan ke Warta Keswan”, jelas Sylvia.

Lebih lanjut drh. Hendra Wibawa, M. Si, Ph. D menjelaskan Kiat Sukses Publikasi di Peer-Review Journals atau Reviu Mitra Bestari.  Peer – reviewed merupakan karya tulis ilmiah (KTI) yang dipublikasikan setelah melalui proses reviu yang ketat dan kritis dari para pakar terkait bidang keilmuan yang ditulis.

Dimoderatori oleh drh. Basuki Rachmat Suryanto,, peserta aktif menyampaikan berbagai pertanyaan terkait teknik penulisan, tips agar tulisan dimuat dalam jurnal dan media massa serta motivasi menulis. Hal yang paling penting dalam menulis adalah mulai menulis dan terus memperbaiki teknis penulisan. Menulis merupakan kewajiban dalam penyampaian informasi publik, serta dengan menulis maka akan lebih hidup dan memaknai pekerjaan yang dilakukan.

 

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset