Berita

Agenda

Kontak

Logo

BALAI BESAR VETERINER WATES

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

6
Logo
Menerima Kunjungan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Lingkungan Salatiga

Menerima Kunjungan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Lingkungan Salatiga

 Rabu, 27 Maret 2024 Kepala Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates beserta tim, menerima tamu dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Lingkungan Salatiga yang merupakan Laboratorium Kesehatan Masyarakat Tier 4 Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Bapak Akhmad Saikhu, SKM., M.Sc., PH selaku Kepala Balai, Ketua Tim Kerja Program Pelayanan, ibu Lulus Susanti SKM, MPH beserta tim berkunjung dalam rangka koordinasi jejaring laboratorium terkait berbagai penyakit pada hewan (ternak) yang berpotensi zoonosis, serta sistem jejaring pemeriksaan laboratorium yang sudah terjalin sejak BBVet Wates melakukan pengujian Leptospirosis dengan teknik polymerase chain reaction (PCR).

Selain itu, dalam diskusi juga membahas tentang surveilans bersama penyakit zoonosis berbasis One Health, kolaborasi penelitian, serta pengembangan dan penguatan metode/ teknik pengujian untuk penyakit-penyakit zoonosis. Diskusi terkait implementasi sistem manajemen mutu yakni ISO 17043 tentang material uji profisiensi, ISO 17025 dan ISO 9001 tentang sistem manajemen hasil uji dan penerbitan/penggunaan kontrol standar, dan ISO 35001 tentang implementasi dan labeling bahan kimia juga dibahas dalam pertemuan tersebut.

Setelah diskusi, tamu dengan didampingi Dr. drh. Sri Handayani Irianingsih, M. Biotech. selaku Biorisk Officer (BSO) dan Pj. Lab. Virologi serta Dr. drh. Ully Indah Apriliana, M. Sc. selaku Pj Lab. Bakteriologi, melakukan studi banding di seluruh unit laboratorium dengan fasilitas BSL-2 di BBVet Wates. Pada kesempatan ini, ibu Lulus juga membahas permohonan kontrol positif uji Avian Influenza, Antraks, dan Rabies ke BBVet Wates melalui Dr. Yani.
Kepala BBVet Wates dan Tim sangat antusias menyambut kedatangan dan tawaran kerjasama yang baik ini. Semoga akan ada keberlanjutan dan kerjasama untuk kegiatan-kegiatan lain yang berfungsi untuk pengembangan kapasitas SDM maupun pengujian, baik di BBVet Wates maupun di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Lingkungan Salatiga.

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset