Berita

Agenda

Kontak

Logo

BALAI BESAR VETERINER WATES

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

6
Logo
Kunker Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian ke BBVet Wates.

Kunker Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian ke BBVet Wates.

Sabtu, 23 September 2023 - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan), Dr. Jan S. Maringka didampingi Inspektur IV, drh. IGMN Kuswandana, MM melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates.  Dalam kunjungan tersebut Irjen dan rombongan melakukan peninjauan ke laboratorium BBVet Wates, didampingi Kepala Balai, drh. Hendra Wibawa, M.Si, Ph. D dan Koordinator Program dan Evaluasi, drh. Didik Yulianto, M.Si.  Kepala Balai berkesempatan memaparkan kinerja dan prestasi BBVet Wates sebagai laboratorium rujukan World Organization of Animal Health (WOAH) untuk penyakit Avian Influenza (AI) berstandar internasional pada level di Asia Tenggara. Hal ini sejalan dengan fungsi BBVet Wates sebagai laboratorium pengujian dan penyidikan penyakit hewan sebagaimana terdahulu awal nama BBVet Wates adalah Balai Pengujian dan Penyidikan Penyakit Hewan. 

Irjen Kementan, Jan S. Maringka mengharapkan BBVet Wates senantiasa menguatkan perannya dalam konsolidasi, optimalisasi dan pemulihan public trust bahwa BBVet Wates sebagai Unit Pelaksan Teknis  Lingkup Kementan yang menjadi garda terdepan dalam pengamatan, pengujian dan penyidikan penyakit hewan. Pemulihan public trust dilaksakan melalui penguatan publikasi dan sertifikasi atas penetapan wilayah status penyakit melalui berbagai media. "BBVet Wates mampu menjadi lembaga yang melaksanan fungsi pengamatan dan penyidikan penyakit hewan , sehingga produk hewan yang keluar masuk sudah teruji. BBVet Wates juga telah mendapatkan pengakuan internasional dan negara lain  terhadap hasil uji produk ekspor. Untuk itu optimalkan fungsi BBVet Wates untuk menjaga ketahanan pangan, produk yang tidak berbahaya dan aman bagi pangan manusia, sehingga masyarakat sadar atas konsumsi pangan yang sehat," jelas Irjen Kementan. 
Irjen menambahkan bahwa fungsi laboratorium tidak hanya sekedar supporting system, tapi memegang fungsi utama dalam mendeteksi dan menghambat serta membebaskan status wilayah dari penyakit hewan. Kegiatan dilanjutkan dengan arahan Irjen Kementan kepada Pegawai BBVet Wates agar senantiasa menjaga kinerja dan melaksanakan tugas fungsi BBVet Wates sebagai laboratorium pengamatan dan penyidikan hewan dalam kerangka jaga pangan jaga masa depan. (Dfn).

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset