Berita

Agenda

Kontak

Logo

BALAI BESAR VETERINER WATES

DIREKTORAT JENDERAL PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN

6
Logo
Assestment ISO 17043 oleh Tim KAN di BBVet Wates

Assestment ISO 17043 oleh Tim KAN di BBVet Wates

Wates- 08 Des 2023. ISO 17043 adalah standar internasional yang mengatur tentang pengujian kemampuan laboratorium dan penyedia uji kemampuan. Standar ini memberikan pedoman yang jelas dan terstruktur untuk menjalankan program pengujian kemampuan yang berkualitas. Dalam standar ini, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi oleh laboratorium dan penyedia uji kemampuan untuk mendapatkan akreditasi dan mempertahankan kualitas pengujian yang konsisten. ISO 17043 mewajibkan laboratorium dan penyedia uji kemampuan untuk secara teratur mengevaluasi kinerjanya. Evaluasi kinerja dilakukan dengan membandingkan hasil pengujian yang dihasilkan dengan nilai referensi atau hasil pengujian dari laboratorium atau penyedia uji kemampuan lain yang memiliki kualifikasi yang sama. Evaluasi ini membantu laboratorium dan penyedia uji kemampuan dalam mengidentifikasi kelemahan atau masalah dalam proses pengujian dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan. Balai Besar Veteriner Wates telah meraih akreditasi ISO 17043 sejak beberapa tahun yang lalu dan secara rutin menjadi penyelenggara uji profisiensi untuk pengujian virus avian influenza.

Pada bulan Desember ini, tepatnya tanggal 5, 7 dan 8 Desember 2023 kembali BBVet Wates menerima Tim dari KAN untuk assestment terkait ISO 17043: 2010 yang telah mengalami beberapa perkembangan ddidalam standard sesuai dokumen baru SNI ISO/IEC 17043:2023.

Ir. Untari Pudji Astuti dan Dr. drh. Anni Kusumaningsih, M.Sc sebagai tim Asessor dari KAN selam tiga hari ini melakukan diskusi, membedah IK ( Instruksi Kerja ) mendalami proses dan memberikan masukan-masukan bagi perbaikan pelaksanaan Uji Profisiensi oleh Balai Besar Veteriner Wates. Beberapa perbaikan wajar dan keberadaannya diharapkan dapat menjadi point bagi pelaksanaan uji profisiensi yang lebih baik lagi.

Kepala BBVet Wates,  drh Hendra Wibawa, MSi,PhD dalam pembukaan dan diskusinya menyampaikan bahwa BBVet Wates berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pengujian dan penyiapan sampel dalam Uji Profisiensi, baik homogenitas maupun uji Stabilitas yang menjadi dasar terlaksananya penyelenggaraan uji profisiensi. 

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset