AYAM BEKERJA MULAI BERTELUR-SALAH SATU INDIKASI AWAL KEBERHASILAN PROGRAM BEKERJA

Kamis, 06 Desember 2018 11:50:46 | dibaca : 44 kali
ayam_bekerja_mulai_bertelursalah_satu_indikasi_awal_keberhasilan_program_bekerja

Banyumas-5/12/2018 . Kegiatan Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera ( BEKERJA ) Kementerian Pertanian yang dilaksanakan di Kabupaten Banyumas sudah menunjukkan hasil , beberapa ayam milik Pak Narkim di Dusun Suro Desa Suro Kecamatan kALIBAGOR sudah mulai bertelur. Keberhasilan dari pemeliharaan ayam pda program Bekerja ini diketahui saat dilakukan Monitoring dan Pendampingan Tim Inspektorat Kementerian Pertanian dan Tim Balai Besar Veteriner Wates hari Kamis tanggal 5 Desember 2018 kemarin. Tim Inspektorat yang punya tujuan utama untuk mengetahui perkembangan jumlah dan kondisi ternak bantuan Program Bekerja serta kemungkinan berbagai masalah yang menghambat program tersebut , menemukan bahwa di beberapa lokasi ternak ayam sudah ada yang mulai bertelur.

Drh Theresia Siwi menyampaikan bahwa peternak sangat antusias terhadap Program Bekerja, bahkan seorang nenek yang ditemuinya pernah menangis ketika ayam bantuan yang diterimanya sakit dan mati, Penduduk penerima bantuan yang disebut Rumah Tangga Miskin pada kenyataannya memang benarbenar mengalami kesulitan hidup, jangankan untuk membeli pakan ayam sedangkan untuk membeli makan bagi diri dan keluargannya saja sulit, jadi mau tidak mau petugas monitoring bias memahami ketika ada sebagian RTM yang menjual ayamnya untuk keperluan memnuhi kebutuhan sehari-hari.

Program pendampingan dan Monitoring oelh Inspektorat yang berlangsung selama 3-4 hari tersebut diharapkan dapat mengetahui perkembangan Program Bekerja baik berupa bantuan Ayam dari Ditjen PKH-BBVet Wates maupun bantuan tanaman dari Dirjen Horti. Dan diharapkan dari hasil kunjungan yang diisi dengan wawancara kepada RTM sejumlah kurang lebih 15 orang tersebut dapat diketahui hal-hal yang bisa menjadi koreksi dan evaluasi bagi perbaikan Program Bekerja di tahun 2019. ( BAS )


AYAM BEKERJA MULAI BERTELUR-SALAH SATU INDIKASI AWAL KEBERHASILAN PROGRAM BEKERJA 1