IKHP

Jumat, 14 Juni 2019 05:02:45 | dibaca : 47 kali

Instalasi Kandang Hewan Percobaan merupakan instalasi penyelia hewan percobaan untuk memenuhi kebutuhan laboratorium. Lokasi kandang hewan percobaan terpisah dari laboratorium untuk menghindari kontaminasi. Hewan yang dipelihara di kandang hewan percobaan adalah ayam petelur SAN (Spesific Antibody Negative), mencit, marmut, kelinci, domba dan sapi. Penggunaan hewan percobaan digambarkan sebagai berikut:

 Pemeliharaan Ayam SAN (Spesific Antibody Negative)

Pemeliharaan ayam SAN ini letaknya terpisah dari tempat yang mungkin bisa menjadi sumber pencematan penyakit, karena ayam yang dipelihara adalah ayam yang tidak di vaksin sehingga titer antibodinya diharapkan negatif sehingga selain petugas kandang, orang lain tidak boleh dibnarkan berlalu lintas di sekitar bangunan dan jenis ayam yang dipelihara adalah ayam layer.

a.        Pemeliharaan ayam betina

Penggunaan ayam untuk diambil telurnya. telur ayam bertunas yang standard disucihamakan dengan phenol digunakan di Laboratorium Virologi untuk media inokulasi virus AI dan ND.

b.       Pemeliharaan Ayam Jantan

Penggunaan untuk diambil darahnya terutama untuk Sel Darah Merah (RBC) Laboratorium Virologi dan Serologi, selain itu ayam jantan ini juga untuk Percobaan/penelitian (Laboratorium Pathologi dan Permohonan PKL Virologi).

c.        Pemeliharaan Mencit

Penggunaan untuk Uji Trypanosome (Laboratorium Parasitology) dan untuk Uji mikrobiologis seperti: Anthrax (Laboratorium Bakteriologi) dan Rabies (Laboratorium Virologi).

d.       Pemeliharaan Marmut

Penggunaan diambil darahnya untuk membuat media komplemen untuk Uji CFT (Laboratorium Serologi) dan untuk uji kikrobiologis seperti Anthrax (Laboratorium Bakteriologi).

e.        Pemeliharaan Kelinci

Penggunaan diambil darahnya untuk membuat media komplemen dan Haemolisin (Laboratorium Bakteriologi)

f.        Pemeliharaan Domba

Penggunaan diambil darahnya untuk membuat Media Blood Agar (Laboratorium Kesmavet dan Bakteriologi).

g.       Pemeliharaan Sapi

Penggunaan untuk penelitian Laboratorium Parasitologi dan Bakteriologi serta untuk latihan pengambilan darah.

h.       Kandang Hewan Terinfeksi

Penggunaan untuk memelihara hewan yang digunakan untuk uji percobaan suatu penyakit atau untuk uji vaksin.