PENGEMBANGAN METODE BIDANG SISTEM INFORMASI MAGPI : KOESIONER INVESTIGASI ONLINE BERBASIS ANDROID

Rabu, 29 Maret 2017 02:09:12 | dibaca : 120 kali
pengembangan_metode_bidang_sistem_informasi_magpi__koesioner_investigasi_online_berbasis_android

Buletin Laboratorium Veteriner Vol. 16 Nomer 4 Edisi bulan : Oktober-Desember 2016 Artikel 1

PENGEMBANGAN METODE BIDANG SISTEM INFORMASI, MAGPI : KOESIONER INVESTIGASI ONLINE BERBASIS ANDROID

Artikel ditulis oleh : Samkhan, Basuki Rochmat Suryanto dan Dwi Hari Susanta

 

RINGKASAN

Program MAGPI adalah merupakan Program pengiriman data lapangan secara online dengan menggunakan perangkat Smartphone berbasis android, merupakan program yang tidak berbayar (Free Ware) yang dapat diunduh dengan bebas melalui Google Play Store.

Program ini membutuhkan Server (pusat pengolahan data), server ini dapat dikontrol langsung oleh Penanggung Jawab Kegiatan dan konstituen sebagai pelaksana program dilapangan sebagai  sumber peng-input data lapangan, program ini secara otomatis dapat memberikan informasi lokasi berupa koordinat lokasi (Latitude dan Longitude), sehingga data dapat langsung terlihat lokasi pengambilan data lapangan, data dapat dibaca melalui peta Google Map yang telah disediakan oleh program MAGPI, penggunaan program ini sangat praktis untuk pengiriman data secara bergerak (data sending mobile), memerlukan hubungan dengan jaringan internet untuk penggunaan program ini.

Program ini dapat diintegrasikan dengan program Geographic Information System (GIS), sehingga data dengan mudah dapat dianalisis lebih lanjut secara analisis spasial.

Keuntungan penggunaan program MAGPI ini adalah merupakan Program Android yang tidak berbayar, sehingga dapat diunduh (download) melaui Google Play Store melalui perangkat Smartphone berbasis android, selain unsur kepraktisan yang sangat tinggi, juga kuesioner yang digunakan dapat dirancang sebelumnya dana pada kuesioner survei pada program ini dirancang tanpa menggunakan media kertas (paperless) .

Data dapat segera diolah ditempat server tanpa menunggu data dari pelaksana survei selesai melaksanakan survei di lapangan.

Kata Sandi : Magpi, survei, analisis.

                                                                                                                           

Apabila menginginkan artikel lengkap mohon download file PDF dibawah ini :


MAGPI : KOESIONER INVESTIGASI ONLINE BERBASIS ANDROID