MANAJEMEN PENGENDALIAN WABAH

Minggu, 20 September 2015 14:54:50 | dibaca : 640 kali
manajemen_pengendalian_wabah

 

Buletin Laboratorium Veteriner Vol. 14 Nomer 4 Edisi : Oktober-Desember 2014 Artikel 1

MANAJEMEN PENGENDALIAN WABAH SEBAGAI SOLUSI STRATEGIS PENANGANAN MASALAH DI LAPANGAN

Penulis Artikel : Samkhan (samkhan@pertanian.go.id) dan Dwi Hari Susanta

 

RINGKASAN

Penanganan permasalahan dilapangan perlu dipikirkan secara komprehensif, tidak hanya mengandalkan pengujian laboratorium yang tidak sepenuhnya dapat dihandalkan.

Manajemen Wabah yang diramu dengan pendekatan Metode Epidemiologi masih perlu disosialisasikan terutama pada petugas-petugas lapang di Puskeswan.

Setiap Pelatihan peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia pada Medik dan Paramedik Veteriner yang rutin diselenggarakan oleh Balai Besar Veteriner Wates, sistem ini selalu kita sosialisasikan.

Dengan pendekatan Metode Epidemiologi menggunakan metode perhitungan Odds Ratio cukup handal untuk meredam/mengendalikan, bahkan dapat menghentikan wabah utama kejadian kasus penyakit di lapangan dalam waktu relatif cepat, disamping menunggu hasil uji definitif dari Laboratorium.

Mengingat pentingnya penanggulangan wabah, Pemerintah mengeluarkan Peraturan mengenai Pengendalian Zoonosis, seperti tertuang pada Peraturan Presiden Republik Indonesia   Nomor : 30 Tahun 2011. Dalam Peraturan Presiden tersebut dimaksudkan bahwa, wabah atau kejadian luar biasa dikarenakan meningkatnya kejadian penyakit kesakitan/kematian yang bermakna secara epidemiologis pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu dan merupakan keadaan yang dapat menjurus pada kejadian wabah.  Selain daripada itu Pemerintah juga mengeluarkan Peraturan Pemerintah terbaru, Nomor 47 Tahun 2014, tentang Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Hewan, dalam peraturan tersebut yang dimaksud dengan Wabah adalah : kejadian luar biasa yang dapat berupa timbulnya penyakit suatu Penyakit Hewan menular baru disuatu wilayah atau kenaikan kasus Penyakit Hewan menular secara mendadak.

Kata Kunci: Wabah, Odds Ratio

 

Bila membutuhkan “Full Paper” lengkap, silahkan download artikel dibawah ini :