ISIKHNAS SEBAGAI SUPPORT DATA PROGRAM PENANGGULANGAN GANGGUAN REPRODUKSI UPSUS SIWAB TAHUN 2017

Rabu, 21 Juni 2017 02:59:56 | dibaca : 209 kali
isikhnas_sebagai_support_data_program_penanggulangan_gangguan_reproduksi_upsus_siwab_tahun_2017

 

Buletin Laboratorium Veteriner Vol. 17 Nomer 2 Edisi bulan : April - Juni, Artikel 1

 

ISIKHNAS SEBAGAI SUPPORT DATA PROGRAM PENANGGULANGAN GANGGUAN REPRODUKSI UPSUS SIWAB TAHUN 2017

Basuki Rochmat Suryanto dan Muhammad Fauzan Isnaini (bsuryanto3@gmail.com)

 

ABSTRAK

iSIKHNAS adalah Sistem Informasi Kesehatan Hewan yang terpadu dan terintegrasi. Berbagai data dari hasil pelaporan personil lapangan dapat digunakan untuk berbagai kepentingan yang mendukung kebijakan dan Program Peternakan dan Kesehatan Hewan. Program penanggulangan Gangguan Reproduksi yang dilaksanakan mulai bulan April 2017 dalam Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) memerlukan data nyata sebagai acuan untuk mengetahui sejauh mana status gangguan reproduksi di peternakan rakyat. Tulisan ini menampilkan data kasus gangguan reproduksi selama 90 hari agar dapat menjadi gambaran kasus apa saja yang ada , yang terkait ganggguan reproduksi sehingga dapat memberikan kontribusi data awal bagi Program Gangrep Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta.

Hasil penelusuran data isikhnas menunjukkan bahwa kasus yang banyak terjadi adalah Distokia, 25.35% Retensio Secundinarum 20.70%, Prolap Vagina 12.74%, Prolap Uteri 10.15%, Corpus Luteum Persisten 7.50%, Hipofungsi 7.37%, Endometritis 5.91%, Silent Heat 3.25%, dan Sistik Ovari 1.59%.

Data gangguan reproduksi ini merupakan gambaran nyata kondisi peternakan rakyat kaitannya dengan program penanggulangan gangguan reproduksi dalam UPSUS SIWAB.

Kata Kunci : iSIKHNAS, Gangguan reproduksi

 

Apabila menginginkan Artikel Lengkap silahkan download file PDF dibawah ini :


ISIKHNAS SEBAGAI SUPPORT DATA PROGRAM PENANGGULANGAN GANGGUAN REPRODUKSI UPSUS SIWAB TAHUN 2017