DATA MANAJEMEN TERINTEGRASI

Minggu, 20 September 2015 01:52:35 | dibaca : 378 kali
data_manajemen_terintegrasi

Buletin Laboratorium Veteriner Vol. 14 Nomer 3 Edisi : Juli-September 2014 Artikel 4

SISTEM DATA MANAJEMEN LABORATORIUM YANG TERINTEGRASI

Penulis Artikel : Samkhan (samkhan@pertanian.go.id)

 

RINGKASAN

Sistem Data Manajemen Laboratorium yang terintegrasi atau Integrated Data-Base Management System (i-DBMS) merupakan suatu sistem di dalam manajemen labo-ratorium yang sangat dibutuhkan dalam suatu Laboratorium Uji yang terakreditasi (SNI/IEC 17015:2008), karena program ini merupakan jaringan di dalam Laboratorium yang berbasis Web yang dapat diakses oleh semua laboratorium dan dengan mudah dapat dikontrol oleh manajer puncak semua pelaksanaan uji dan alur jawaban hasil uji serta mampu telusur.

Pada Sistem Data Manajemen Laboratorium yang terintegrasi dibangun sedemikian rupa untuk memudahkan controling suatu Laboratorium dan mampu telusur mulai dari penerimaan contoh sampai dengan hasil final jawaban hasil uji Laboratorium.

Sistem ini dibangun dengan berbasis Web yang mempunyai server dan terbagi berbagai sub-server disemua laboratorium. Selain sistem ini terintegrasi dapat meningkatkan pelayanan kepada customer dalam hal kecepatan penjawaban hasil uji.

Sistem Data Manajemen Laboratorium yang terintegrasi direncanakan sedemikian rupa, sehingga pihak Laboratorium tidak lagi memasukkan data berulang serta meminimalisir kesalahan karena human error karena data dasar (data base) awal sudah di masukan di bagian penerimaan contoh (Laboratorium Epidemiologi), dan secara otomatis sudah masuk ke bagian Laboratorium yang akan menguji contoh tersebut, sebaliknya, bagian Laboratorium tinggal memasukkan hasil ujinya, dan langsung diterima di bagian Laboratorium Epidemiologi untuk melakukan penerbitan Sertifikat Uji (Jawaban Hasil Uji Laboratorium). Output terakhir berupa laporan dan peta digital berbasis Geograpic Information System (GIS) serta data grafik histogram yang dibutuhkan.

Integrated Data-Base Management System (i-DBMS) sangat menunjang pada Bidang Kesehatan Hewan dan Epidemiologi, selain data dapat diakses secara Real-Time (online), sistem ini rencana akan dibekali pemetaan secara detail sampai ke desa, sehingga sangat membantu mengidentifikasi lokasi dalam penanggulangan wabah penyakit hewan di lapangan.

Kata Kunci: Integrated Data-Base Management System, DBMS, MySQL.

 

Bila membutuhkan “Full Paper” lengkap, silahkan download artikel dibawah ini :


Buletin Laboratorium Veteriner Vol. 14 Nomer 3 Tahun 2014 (artikel 4)